Resep Cara Membuat Sambel Goreng Kentang dan Wortel - Resep Mamak

Resep Cara Membuat Sambel Goreng Kentang dan Wortel

Resep Cara Membuat Sambel Goreng Kentang dan Wortel Sahabat Resep Mamak yang berbahagia, kali ini Resep Mamak akan memberikan resep nikmat untuk santap bersama keluarga dengan judul Resep Cara Membuat Sambel Goreng Kentang dan Wortel yang telah Resep Mamak uji coba dan analisa sehingga menciptakan hidangan yang enak dan mantap untuk di praktekkan bunda di rumah untuk keluarga tercinta.
Semoga resep masakan dan minuman yang Resep Mamak sajikan ini mengenai Resep resep-masakan, Resep tips, dapat menjadikan bunda dirumah menjadi bunda primadona bagi keluarga tercinta.

Judul : Resep Cara Membuat Sambel Goreng Kentang dan Wortel
link : Resep Cara Membuat Sambel Goreng Kentang dan Wortel

Resep Cara Membuat Sambel Goreng Kentang dan Wortel - Masakan sederhana dengan gizi yang sangat banyak adalah sebuah makanan yang paling dinantikan dirumah kita. Terlebih lagi adalah saat kita ingin sarapan pagi, saya tidak bisa membayangkan bagaimana masakan sarapan pagi keluarga saya itu tidak bergizi, pastinya akan berakibat kurang mengenakkan, terutama bagi kesehatan keluarga saya.

Suami misalnya, Beliau pasti membutuhkan energi yang extra untuk bekerja, dan membutuhkan gizi yang baik, agar kinerja di kantor dapat maksimal, atau anak kita yang mau sekolah, ia juga membutuhkan energi dan gizi yang lebih agar ia bisa mengikuti proses belajar dengan baik pula.

Semua itu tidak akan berjalan jika sarapan dipagi hari kita tidak bergizi, bisa-bisa nanti malah tambah loyo, kinerja di kantor tidak pernah beres, kemudian anak kita tidak bisa menyerap pelajaran sekolahnya dengan baik, atau yang lainnya.

Cukup ngeri juga bukan, akhirnya saya mencoba mencari tahu masakan apa ya yang cocok untuk sarapan dikeluarga saya, yang rasanya enak, yang baunya harum, dan bergizi tinggi tentunya, akhirnya saya menemukan sebuah resep masakan yaitu sambal goreng kentang dan wortel.

Kenapa seperti itu yuk kita bahas mengenai gizi yang ada di kentang ya Umi, berikut kandungan gizi dan manfaat dari kedua sayuran tersebut:

Kandungan dan manfaat kentang bagi kesehatan tubuh kita
  
  • Makanan untuk penderita diabetes
Nah ini nih yang sangat keren dari kandungan kentang, ternyata kentang mampu menjaga kadar gula dalam tubuh manusia dengan baik, dan mampu mengontrolnya agar kadar gula dalam keadaan normal. Dan karena terdapat serat yang ada dalam kentang, maka mampu menjadi sumber karboidrat yang baik terutama bagi penderti diabetes, jadi kalau ada saudara kita yang mengalami diabetes, jangan ragu-ragu mengonsumsi kentang ya.

  • Kentang kaya akan vitamin dan mineral 
Kentang termasuk dalam makanan atau sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, pati dan juga serat. Kandungan 100 gram kentang terdiri dari 70 kalori, tetapi dengan banyaknya kalori tersebut namun untuk kandungan lemaknya sangat sedikit sekali sekitar 0.1 gram / 100 gram, dan sekalin kalori juga terdapat kolesterol.  

  • Kentang adalah sumber dari serat yang tak larut dan larut yang baik sekali
Pernah tidak kita mengalami sembelit di perut kita, nah kalau kita mengonsumsi kentang ini, maka sembelit akan hilang, karena terdapat serat yang larut dan tidak larut. Dan tidak hanya itu juga, teryata di kentang terdapat  zat untuk penyerapan kolesterol jahat. Jadi bisa membuat usus kita sehat kan dan tubuh terlindungi dari penyakit kanker.

  • Kentang merupakan sumber dari vitamin b kompleks
Kentang adalah termasuk dari kelompok atau keluarga umbi-umbian, dan karena termasuk umbi-umbi an berarti banyak mengandung thiamin, niacin, vitamin B6, folat, dan juga asam pantotenat.

  • Vitamin A terdapat di kentang
kentang yang masih memiliki kadar warna merah adalah kentang yang baik dalam jumlah vitamin A, dan tidak hanya itu saja, terdapat juga zat gizi yang bermanfaat seperti flavonoid antioksidan, zeaxanthins dan karoten.

  • Kentang mampu melawan Kanker
Karena dalam kentang mengandung kandungan flavonoid dan quercetin maka senyawa tersebut mampu melawan kanker dan memiliki kandungan bersifat kardio-protektif properti.

  • Kentang juga kaya akan kandungan mineral
Kandungan mineral sangat diperlukan dalam tubuh manusia, karena dalam mineral terkandung besi, magnesium, fosfor, tembaga, kalium sampai mangan, hmmm cocok sekali untuk program penguatan tulang kita.

  • Kentang memiliki kaya kandungan antioksidan
Umi tahu tidak ternyata kentang yang masih dalam keadaan segar adalah sumber dari vitamin C, sehingga mampu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap zat radikal bebas yang ada dalam tubuh kita.

Dan masih banyak lagi manfaat kandunga kentang yang belum saya tulis disini, dan bagaimana ya jika kentang ini kita olah dalam bentuk makanan.

Selain mudah cara membuatnya, rasanya juga sangat enak. Baik deh saya bagikan Resep Sambel Goreng Kentang dan Wortel nya, selamat mencoba :)

Resep Sambel Goreng Kentang dan Wortel

Resep sambal goreng kentang

Bahan Sambel Goreng Kentang dan Wortel :
  • 1/4 gr Wortel
  • 1/4 gr Kentang
  • 5 bh Bawang Putih
  • 2 bh Bawang Merah
  • 1 sdt Merica
  • 2 sdt Garam
  • 2 sdt Gula
  • 3 sdm Minyak Goreng untuk menumis
  • 10 sdm Minyak goreng untuk menggoreng wortel dan kentang
  • 75 ml air matang

Cara Membuat Sambel Goreng Kentang dan Wortel :

  1. Kupas kulit wortel dan kentang. Potong-potong berbentuk dadu, cuci lalu goreng setengah matang.
  2. Haluskan bumbu bawang putih, bawang merah, garam, gula dan merica.
  3. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu sampai harum.
  4. Masukkan wortel dan kentang yang telah selesai digoreng setengah matang.
  5. Tambahkan air lalu aduk rata dengan bumbu.
  6. Tunggu sampai masak.
  7. Hidangan siap disajikan.
(Porsi : 2 Piring)

Nah itu adalah salah satu resep makanan yang paling mudah sekali, oh ya Umi saya juga punya lho resep lainnya yang masih membahas mengenai sambal goreng kentang ini, kalau tidak percaya yuk sama-sama kita simak ulasan saya berikut ini, selamat memasak.

Resep sambal goreng kentang telur puyuh

Bahan
  • Telur Puyuh 20 butir
  • Bawang merah 3 siung 
  • Kentang 2 bh 
  • Gula pasir, Garam secukupnya 
  • Tomat 1/2 buah 
  • Cabe keriting 7 bh 
  • Bawang putih 1 siung 
Cara membuat sambal goreng kentang telur puyuh
  1. Ambil kentangnya
  2. Cuci hingga bersih
  3. Kemudian goreng kentang itu sampai matang
  4. Setelah itu blender cabe, bawang, tomat sampai halus
  5. Lalu tumis sampai harum dan tambahkan sedikit air
  6. Aduk-aduk hingga rata, dan tunggu sampai masak
  7. Lalu ketika bumbu menjadi kental masukkan telur puyuh dan kentangnya
  8. Kasih garam, gula secukupnya
  9. Aduk sampai rata
  10. Cicipi, jika sudah oke angkat
  11. Sajikan dengan penuh rasa cinta : ).
Bagaimana Umi  Resep Sambel Goreng Kentang dan Wortel mudah bukan, selain nikmat masakan ini sangat cocok bila kita menghidangkannya saat masih hangat. Sampai ketemu diresep lainnya ya. Terimakasih.

Baca juga



Demikianlah Artikel Resep Mamak Resep Cara Membuat Sambel Goreng Kentang dan Wortel

Semoga sajian Resep Cara Membuat Sambel Goreng Kentang dan Wortel resep kali ini bermanfaat dan mudah-mudahan bisa memberi hidangan keluarga untuk keluarga anda semua. Cukup sekian dan sampai jumpa di postingan artikel Resep Mamak lainnya.

Anda sekarang membaca artikel REsep Mamak Resep Cara Membuat Sambel Goreng Kentang dan Wortel dengan alamat link https://resepmamakq.blogspot.com/2017/10/resep-cara-membuat-sambel-goreng.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat Sambel Goreng Kentang dan Wortel"

Posting Komentar