Cara Membuat Pia Kulit Lapis - Resep Mamak

Cara Membuat Pia Kulit Lapis

Cara Membuat Pia Kulit Lapis Sahabat Resep Mamak yang berbahagia, kali ini Resep Mamak akan memberikan resep nikmat untuk santap bersama keluarga dengan judul Cara Membuat Pia Kulit Lapis yang telah Resep Mamak uji coba dan analisa sehingga menciptakan hidangan yang enak dan mantap untuk di praktekkan bunda di rumah untuk keluarga tercinta.
Semoga resep masakan dan minuman yang Resep Mamak sajikan ini mengenai Resep resep-kue, dapat menjadikan bunda dirumah menjadi bunda primadona bagi keluarga tercinta.

Judul : Cara Membuat Pia Kulit Lapis
link : Cara Membuat Pia Kulit Lapis

Resep Cara Membuat Pia Kulit Lapis adalah salah satu dari ribuan kue yang sangat enak, makanan Pia ini tidaklah sulit kalau kita mencarinya, dan makanan ini hampir selalu ada di toko-toko makanan dekat rumah kita.

Cara membuat kue pia ini ada trik dan tips yang sangat istimewa, selain nama dan bentuknya yang unik, kue pia ini sangat digandrungi oleh anak muda lho.

Kalau Umi sering ke Yogyakarta pasti di sana kita akan dibawa ke sebuah toko makanan khas atau jajanan khas Yogyakarta, yup pasti Umi bisa menebaknya, apa hayo???

Ya Pia Jogjakarta memang sangat terkenal di Indonesia atau bahkan sampai ke negara tetangga kita, dan sebenarnya nama asli dari makanan ini adalah Bakpia, tetapi kita lebih mengenalnya dengan pia.

Hmm, jadi kalau kita sedang pergi ke Jogjakarta jangan sampai ketinggalan untuk membeli pia sebagai oleh oleh Jogya ya, dan yang paling diburu  oleh para wisatawan adalah pia pathuk.

Resep Pia Kulit Lapis

Pia Pathuk adalah Bakpia yang dibuat di daerah Pathuk, sebuah daerah di kota Jogja, disana banyak sekali kerajinan olahan makanan yang dihasilkan dan yang paling terkenal adalah yah pia pathuk ini.

Kalau boleh saya juluki sih, pia pathuk itu bisa juga lho dijadikan makanan warisan dunia, karena sekali kita memakannya bakalan ketagihan deh, karena banyak sekali varian rasa yang disajikan, ada coklat, stroberry, sampai yang biasa juga ada.

Nah kalau Umi penasaran bagaimana cara membuatnya, silahkan di ikuti resep saya ini ya, yah walaupun tidak seenak bikinan pia pathuk yang aslinya, tetapi dengan menggikuti resep ini kita dapat menambah wawasan tentang aneka jajajan Indonesia. Selamat mencoba

Resep Pia Kulit Lapis

Bahan Membuat Pia I :
  • 250 gr Tepung terigu
  • 50 gr Gula Halus
  • 130 ml Mentega cair
  • 100 ml air masak
  • 1/2 sdt garam
Bahan II :
  • 200 gr Tepung Terigu
  • 100 ml Mentega Cair
Bahan III :
  • 150 gr Kacang Hijau
  • 100 gr Gula Pasir (sesuai selera)
  • 1/2 sdt garam
  • 75 ml Air Santan

Cara Membuat Pia Kulit Lapis :

  1. Bahan I dan bahan II Uleni  secara terpisah sampai adonan kalis kemudian diamkan selama 1 jam.
  2. Bentuk bulat-bulat kemudian di gilas lalu digulung
  3. Simpan ke dalam lemari es selama 1 jam
  4. Bahan III merupakan bahan untuk pembuatan isi. Kukus kacang hijau yang telah di kupas.
  5. Setelah dikukus haluskan kacang hijau campurkan dengan gula pasir, garam dan air santan. Aduk-aduk     sampai rata, dinginkan.
  6. Isi Bahan I dan Bahan II dengan isian dari Bahan III diisi secara bertingkat. Bentuk bulat pipih.
  7. Oven adonan selama 10 menit lalu di balik, kemudian di oven lagi selama 15 menit.
  8. Oven sampai warna kuning kecoklatan.
  9. Pia siap disajikan.

Nah bagaimana Umi, walaupun bahannya banyak tetapi dengan keseriusan kita pasti kita dapat membuatnya, dan pia ini cocok sekali kalau kita hidangkan disaat-saat acara besar di keluarga kita, seperti acara pernikahan, khitanan, atau acara arisan keluarga.

Saya jamin pasti pada habis tu pia, : ). Baiklah demikian Resep Pia Kulit Lapis apa yang telah kita bahas kali ini, semoga artikel resep masakan ini dapat bermanfaat buat kita semua, dan dapat menambah wawasan bagi kita, sampai bertemu lagi di artikel lainnya ya, sampai jumpa dan terimakasih.
source image : http://rebellinasanty.blogspot.com/2014/10/resep-pia-isi-kacang-hijau.html

Baca juga



Demikianlah Artikel Resep Mamak Cara Membuat Pia Kulit Lapis

Semoga sajian Cara Membuat Pia Kulit Lapis resep kali ini bermanfaat dan mudah-mudahan bisa memberi hidangan keluarga untuk keluarga anda semua. Cukup sekian dan sampai jumpa di postingan artikel Resep Mamak lainnya.

Anda sekarang membaca artikel REsep Mamak Cara Membuat Pia Kulit Lapis dengan alamat link https://resepmamakq.blogspot.com/2017/12/cara-membuat-pia-kulit-lapis.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Pia Kulit Lapis"

Posting Komentar